iklan

Ikan Hias Platy, si Kecil yang Cantik

           Ikan Hias Platy Merupakan anggota kelompok Livebearer yang paling populer dikalangan hobis ikan hias air tawar. Selain itu, platy juga memiliki berbagai jenis warna dan dapat dikombinasikan dengan mudah. Platy termasuk jenis ikan yang tenang dan jarang agresif, meski akan membela diri bila akan diserang ikan lain. Platy cocok ditempatkan dalam aquarium dan aquascape bersama ikan - ikan tenang lainnya. Ikan ini berasal dari Amerika, tapi ikan liar Poecilliidae hari ini ditemukan di perairan tropis dan subtropis di banyak bagian dunia. Kebanyakan ikan liar Poecilliidae ditemukan di luar Amerika berasal dari ikan akuarium yang telah dilepaskan ke alam liar oleh aquarists. Di beberapa bagian Negara Asia ikan Poecilliidae sengaja diperkenalkan dalam upaya untuk memerangi malaria dengan mengurangi jumlah nyamuk. 

         Untuk memeilihara Ikan hias Platy ini sangat mudah, karena ikan ini merupakan ikan hias yang mudah untuk bertelur di kolam peliharaan. Ikan ini Tidak akan tumbuh lebih besar dari 2,5 inci dan Platy dipelihara tanpa ada pasangannya (tungga) dalam akuarium ukuran ukuran 10 cmx 10 cm x cm. Ada berbagai jenis Platy berbeda, termasuk Platy Wagtail umum yang merah. Varian populer lainnya adalah Sunset Platy, Variatus Platy dan Tuxedo Platy. Ikan Hias Platy akan hidup baik jika disimpan dalam air yang sedikit. Apabila ikan hias platy ini di pelihara di dalam aquarium yang berukuran besar dan di beri makanan yang baik yaitu cacing dan pelet yang halus itu akan menghasilkan ikan hias platy yang mempunyai kualitas baik. Apabila kita ingin mengembangbiakan ikan Platy ini, maka kita harus memilih atau membeli sekitar 3-4 ikan hias Platy yang mempunyai kualitas baik, ikan hias platy yang memiliki kualitas baik idealnya dia memiliki badan yang gemuk dan cerah. 

Ciri-ciri ikan Platy Jantan dan Betina
cara membedakan ikan hias platy jantan dan betina sebenarnya sangatlah mudah untuk membedakannya. Karena mudah dibedakan secara kasat mata. Ciri-ciri umum yang membedakan antara jantan dan betina, yaitu diantaranya : 
Jantan: Platy jantan biasanya memiliki badan yang ramping pada sirip tengah bawah berbentuk lancip/kecil agak memanjang. 
Betina: Platy betina biasanya memiliki badan yang lebih gemuk dari platy jantan pada sirip tengah bagian bawah berbentuk bulat/mengembang. 

Jenis � Jenis Ikan Platy : 

Micky Mouse Platy

Golden Platy

Marble Platy

 Platy King Cobra 

 Platy Panda 

Blue Platy 

Red Platy 

Rainbow Platy 

Sunset Platy
  
 Tuxedo Platy 

Tail Blue Platy

Comments