iklan

Ikan Neon, Mengenal Sekilas Si Kecil yang Cantik

Ikan neon merupakan ikan kecil yang menarik. Tidak hanya kenampakannya saja, ikan ini bisa mendatangkan pundi rupiah. Neon memiliki beberapa jenis diantarnya neon tetra, neon tetra albino, neon api, black neon, neon blue eyes, dan lain-lain. Dari semua jenis yang ada, yang paling populer dan paling tinggi nilainya adalah neon tetra. Bahkan jenis yang satu ini sedang mengalami kenaikan popularitas. Para pembudidaya ikan ini mengaku merasa kewalahan karena permintaan ekspor yang tinggi. Per bulan, jumalh neon tetra yang mesti diekspor sebanyak 2juta ekor, namun hanya mampu mengirim 1 juta ekor. Neon tetra berasal dari Amerika Latin, tepatnya Sungai Amazon. Secara sekilas, ikan ini memiliki warna merah yang menonjol di bagian belakang, sedangkan tubuh atas dan bawah bagian depan berwarna biru semu kehijauna. Tetra termasuk ikan yang tahan dari banyak penyakit. 

Morfologi Khusus 
Warna cerah sehingga ikan akan tetap terlihat cemerlang bahkan dalam keadaan gelap adalah alasan utama para penggemar ikan hias memilih ikan ini berada diakuariumnya.Ikan neon jenis ini sangat sempurna bila dijadikan hiasan aquascape karena warnanya yang gemerlap. Kecenderungan ikan ini yang bergerak secara bergerombol dan berputar-putar akan membuat ikan tampak cantik. Ikan ini memiliki panjang kira-kira 3 cm. Untuk membedakan jenis kelamin, pada ikan jantan akan nampak garis berbagai warna, sedangkan pada ikan betina akan terlihat ukuran perut sedikit lebih besar. 

Pakan dan Habitat Ideal 
Pakan ikan neon jenis ini tergolong mudah, hanya cacing beku dan pelet kecil. Pakan buatan yang bisa ditambahkan misalnya daphnia, artemia, tubifex, atau micropellet. Temperatur wadah yang paling cocok bagi ikan ini adalah sekitar 25-27 C dengan kadar keasaman (pH) 5,5 hingga 7,5. Di penangkaran, ikan ini telah dilatih untuk bisa hidup di dalam kondisi air yang bermacam-macam, sedangkan di habitat aslinya, mereka lebih suka tinggal di air yang lembut dengan suhu 25 C atau 77 F. Jika di habitat asli mereka mampu hidup sampai sepuluh tahun, di akuarium, hanya bertahan lima tahun.  

Akuarium Ikan Neon 
Pemeliharaan ikan neon tetra tidak memerlukan akuarium besar karena ukuran ikan ini mini. Tapi, akuarium minimal berukuran panjang 60 cm dan pH air 6-7,8 serta KH-nya 1-2. Pemeliharaan ikan dalam wadah bisa ditambahi dengan tanaman hidup sehingga mirip dengan habitat aslinya di Amazon, lengkap dengan moss menempel pada dindingnya. 

Tingkah Laku 
Jika wadah mengalami gangguan atau berubah drasits, ikan ini bisa mengalami stress bahkan bisa mati. Ukurannya yang mini membuat ikan ini sangat pemalu sehingga jika akan dipelihara di dalam akuarium, usahakan tidak dicamput dengan ikan dengan ukurang lebih besar, atau yang bersifat agresif. Ikan-ikan seperti ini bisa membuat neon tetra merasa terancam dan kalah ketika berebut pakan. Spesies ikan lain yang cocok dicampur dalam satu akuarium misalnya ikan guppy. Ikan ini tidak mengancam kehidupan ikan neon.

Comments