iklan

Ikan Sumatra, Si Kecil nan Cantik

Ikan sumatra memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang keseluruhan hanya 70 mm. Ukurannya yang kecil tidak mengurangi keindahan warnanya sehingga sangat cantik sebagai ikan peliharaan di akuarium rumah. Mimiliki warna kekuning-kuningan pada mulut dan sirip bawah, ikan ini juga memiliki pita warna gelap tegak mengelilingi tubuhnya. Warna hitam juga tampak apda bagian sirip punggung dan sirip dubur. Hanya saja, pada sirip punggung ditemukan pemisah garis merah. 

Ikan ini banyak diperdagangkan dan beberapa jenis yang paling populer adalah yang berwarna kekuningan, kehijauan, kemerahan dan juga albino. Warna hijau pada jenis ikan ini ditimbulkan karena melanisme, sedangkan yang albino didapat dari budidaya yang intensif sehingga nilai jual jenis albino umumnya memiliki nilai jual yang lebih tinggi. 

Persebaran Ikan dan Habitat Alami 
Ikan lokal ini bisa ditemukan di Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra sampai Thailand.Di beberapa tempat lain juga dilaporkan ditemukan ikan yang sama, tapi tidak bisa dibuktikan apakah ikan itu ikan dengan jenis yang sama atau ikan lain yang telah beradaptasi. 

Habitat alami ikan sumatra adalah sungai dangkal dengan arus sedang berair keruh atau jernih. Mereka menyukai habitat air dengan keasaman antara 6-8 dan tingkat kesadahannya 5 hingga 19 dGH, serta suhu lingkungan antara 20 hingga 26 derajad Celcius. Daerah rawa juga sering dijadikan tempat hidup, sehingga bisa disimpulkan bahwa ikan jenis ini mampu hidup dengan kondisi air yang berubaha drastis. Mereka bisa bertahan hidup hingga enam tahun. 

Tingkah Laku Ikan 
Ikan kecil ini suka sekali berenang secara bergerombol. Disarankan jika dipelihara dalam wadah akuarium, ikan yang dimasukkan harus lebih dari 5 ekor. Jika jumlahnya terlalu sedikit, ikan ini bisa berubah agresif dan bisa mengganggu ketenangan ikan lain yang ada dalam akuarium. Keagresifannya mungkin tidak terlihat ketika mereka masih kecil, tapi ketika dewasa, jumlah ikan jenis ini yang sedikit akan mengganggu ketenangan akuarium. Mereka bisa menggigit jenis ikan lain sampai sirip ikan lainnya bisa rusak parah karena gigitannya. Sehingga, disarankan memelihara ikan ini dalam jumlah yang besar. 

Perawatan Ikan 
Memelihara ikan Sumatra dalam akuarium cukup mudah, tapi mesti memperhatikan jumlah ikan yang dipelihara dengan ukuran akuarium. Jika akuarium berukuran 1 meter, maka idealnya, jumlah ikan yang dipelihara sekirar 25-30 ekor. Disarankan untuk tidak mencampur ikan jenis ini dengan ikan maskoki mengingat keagresifan ikan ini. 

Akuarium juga mesti ditambahi dengan aerator, meskipun ikan ini bisa hidup dalam kondisi lingkungan yang drastis. Tambahkan juga beberapa tanaman air sehingga mirip dengan habitat aslinya. Ikan ini seringkali senang berenang diantara tanaman air. Dasar akuarium bisa dimasukkan batur kerikil warna terang. Sifat ikan yang omnifora membuat ikan ini suka dengan makanan seperti kutu air, cacing dan jentik nyamuk. Jenis pakan seperti ini menjadi menu favorit ikan Sumatra.

Comments