iklan

Ikan Corydoras, Ikan Tikus yang Cantik

Ikan Corydoras merupakan salah satu ikan catfish yang banyak beredari di toko-toko ikan. Bentuknya kontent dan cara berenangnya mirip sekali dengan tikus yang berlari jika terlihat oleh manusia. Karena itulah membuat ikan ini sering pula disebut ikan tikus.
  
Deskripsi Ikan Corydoras
Namanya yang unik ternyata berasal dari bahasa Yunani yaitu Kory yang berarti topi zirah dan doras yang artinya kulit. Mereka memiliki banyak spesies. Sampai hari ini, terdapat 142 spesies yabg baru ditemukan, dan masih banyak lagi spesies yang masih ada dan belum diberi nama. 

Sifat dan Karakter Ikan Corydoras 
Ikan yang termaasuk dalam keluarga Callichthyidae ini secara penampakan memiliki kemiripan degan ikan Botia dari Sumatra. Tubuhnya sedikit pendek dan sisi pundaknya agak tinggi sedangkan posisi mulut ikan ini sedikit ditekuk ke arah bawah. Sebagai alat bantu dalam melacak makan, ikan ini telah dilengkapi dengan dua kumis yang terdapat pada ujung mulutnya. Kumis inilah yang berfungsi sebagai indera peraba. Sisi badannya ditutupi oleh sisik yang tidak tipis, atau yang lebih tepat sebagai scute atau sisik. Sisik-sisik ini tersusun seperti genting yang tersusun rapi. Deretan sisik sebelah atas berjumlah 21023 buah, dan dibagian bawah berjejer sebanyak 19-21 buah. 

Warna ikan ini kuning kecoklatan pada bagian badah, dan coklat kemerah-merahan pada bagian punggung. Dibagian sisi kepalanya berawarna kehijauan, sedangkan sirip ikan corydoras memiliki warna abu-abu. Saat ini, species yang banyak dijumpai adalah albino. Ikan ini juga disilangkan dengan ikan lain, yang menghasilkan strain.  

Habitat Ideal 
Jika dipelihara di dalam akuarium, usahakan akuarium dikondisikan seperti habitat aslinya. Ikan ini menghuni daerah Amerika Selatan. Kawasan ini beriklim tropis, sehingga akuarium pun mesti disetting dengan kadar pH 5.5-7.0, kesadahan 5-10 dH dan temperatur berkisar antara 24-28 derajad Celcius. 

Tingkah Laku Ikan 
Melihat tingkah ikan Corydoras ini cukup unik. Mereka suka menggali atau mengeruk pasir dan bebatuan ketika mereka sedang mencari makanannya. Hobi mereka yang tinggak di dasar akuarium dan tingkahnya yang unik ini membuatnya berguna dalam membersihkan sisa makanan yang terbenam dalam pasir, sekaligus membersihkan akuarium. Namun, kotoran yang tidak dimakan ini bisa menumpuk di dasar akuarium sehingga penggantian air pun harus dilakukan untuk menjaga kualitas air. 

Di suatu kesempatan, mereka juga muncul ke permukaan untuk bernafas. Jadi, jika dari daerah kloakanya keluar gelembung, ini sudah wajar karena ada aliran udara yang masuk melalui mulut yang kemudian masuk ke pencernaan. Ikan ini lebih suka berenang secara bersamaan, sehingga akan nampak cantik jika memelihara ikan lebih dari 5 ekor dalam akuarium. Jantan dan betinya juga mudah dibedakan yaitu dengan melihat ukuran tubuhnya. Jika ukuran tubuhnya lebih kecil, maka ikan itu adalah pejantan ikan corydoras.

Comments