iklan

Ingin Memelihara Arwana Irian? 8 Langkah Wajib Untuk Menghilangkan Stress Pada Ikan

Arwana irian merupakan jenis ikan hias yang cantik, dan anggun. Bentuk tubuhnya, warna-warni sisiknya menambah pesona. Tapi tidakkah anda ingin tetap menjaga keanggunannya?

Sebenarnya ada banyak sekali jenis ikan hias khususnya arwana. Ikan hias arwana terpopuler adalah super red yang berasal dari Kalimantan barat. Ikan hias ini tergolong istimewa dengan banyaknya peraturan dalam memeliharanya. Tidak sembarang orang yang memilikinya karena super red ini termasuk ikan hias langka.
Lain halnya, ikan arwana irian ini. meskipun tak sepopuler kerabatnya ini, namun tetap saja memiliki keunggulan tersendiri. Ikan ini terbagi dalam 2 kategori yaitu yang anda sebut dengan sceloropages leichardti (ikan irian) dan green arwana bonytongue (arwana hijau).

Keduanya berbeda dalam sisi panjang dan lebarnya. Jika arwana hijau cenderung lebih panjang, maka yang satunya adalah cenderung lebar dan tebal. Itulah ciri-ciri yang paling mudah untuk membedakan keduanya.

Nah, mari langsung saja kedalam bahasan mengenai cara perawatannya.
Yang pertama adalah periksa selalu kebersihan dari media filter dalam aquarium anda. Kebersihan adalah kunci dalam menjaga kesehatan ikan tadi, hal ini meliputi kebersihan biofoam, tapas, karbon aktif dan juga zeolit.

Kedua adalah gantilah seperempat air dari aquarium dengan air biru hasil endapan yang telah diaerasi. Singkat kata dengan memberikan gelembung yang akan memberikan kealamaian air.

Ketiga adalah buanglah kotoran ikan dalam aquarium. Hal ini penting untuk menjaga kejernihan air, dan juga yang peling penting adalah tidak menimbulkan hal-hal yang akan memperngaruhi kesehatan ikan arwana tadi.

Keempat, selalu buang pakan yang masih disisakan atau tidak dimakan oleh ikan tersebut. Untuk menghindari anda dari membuang pakan, anda perlu mengatur jatah pakan ikan yang tepat. Jika sehari anda memberi makan dalam porsi yang sama, dan hari berikutnya anda juga melakukan hal yang sama tapi ikan tidak menghabiskannya, anda perlu waspada akan keadaan ikan.

Kelima adalah memberikan aerasi yang cukup pada penampungan air untuk memberikan perputaran oksigen yang stabil. Hal ini juga perlu untuk anda terapkan dalam memberikan kenyamanan dan kesehatan pada ikan khususnya arwana irian ini.

Keenam ingat selalu untuk membersihkan kaca aquarium. Jangan sampai anda membiarkan aquarium dalam keadaan berlumut atau bahkan berkerak. Hal itu tidak baik untuk kesehatan ikan.

Ketujuh adalah selalu memeriksa peralatan yang anda gunakan dalam aquarium. Selain itu selalu perhatikan suhu air dalam aquarium dengan air penampungan. Karena jika anda tidak memperhatikannya, ikan akan merasa stress dan anda tahu sendiri akibatnya. Usahakan perbedaannya tidak melebihi 1derajat celcius.

Kedelapan adalah mengganti air dengan hati-hati. Ya, jangan sampai anda mengganti air dengan frontal atau deras karena akan menimbulkan stress pada ikan anda. Jadi, cobalah untuk mengganti air dengan cukup lembut.
Demikianlah cara merawat arwana irian yang berkaitan dengan media yang digunakan untuk lingkungan hidup si ikan.

Comments