iklan

Cara Memelihara Ikan Hias African Cichlids

Bagaimana sih caranya untuk memelihara Ikan hias African Cichlids itu? Mungkin inilah yang sedang Anda cari.

Sebelum sampai pada tahapan untuk memeliharanya, yuk mengenal lebih dulu tentang beberapa jenis dari ikan cichilds ini. Pasalnya, ada ribuan jenis spesies dari ikan tersebut khususnya yang berasal dari afrika. Masing-masing spesies terbagi dalam 2 daerah dimana ikan tersebut tinggal yakni di danau malawi dan danau tangayika.

Jenis-Jenis African Cichlids

Ikan hias yang satu ini cantik sekali, cocok menjadi penghias di ruangan rumah Anda. Ada ribuan spesies dari afrcan cichlids yang mana pertama kali berada di danau malawi. Disini, ada dua kelompok besar yang mendiami danau malawi yaitu haplochromines dan juga tilapines.

Kelompok pertama dari Ikan hias African Cichlids ini yakni tilapines terbagi menjadi kelompok moutbroders, dan petelur substrat. Yang dimaksud dengan moutbroders adalah jenis ikan yang mana cara memelihara anaknya berada di mulut, sementara untuk petelur substrat bertelur didaerah bebatuan.

Kelompok kedua adalah haplochromines yang mana terbagi menjadi mbuna, astatotilapia dan juga haplochromis. Masing-masing spesies ini juga cantik sebagai ikan hias yang bakalan memberikan kebahagiaan bagi pecintanya.

Cara Memeliharanya African Cichlids

Ikan cichlids air tawar tidaklah agresif, berbeda dengan yang lainnya. Jadi, tidaklah perlu dikhawatirkan bila nanti dalam satu aquarium ditempatkan beberapa temannya.

Nah, langsung saja pada cara pemeliharannya. Pertama kali adalah menyiapkan aquarium. Pastikan juga untuk memilih aquarium yang cukup besar. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan tempat untuk kawan-kawannya. Selain itu, ikan jenis ini juga cukup cepat dalam pertumbuhannya sehingga aquarium yang terlalu kecil tentu bukanlah ide yang baik.

Dalam aquarium ini, Anda juga perlu memperhatikan tutupnya. Pasalnya, ikan cichilds ini adalah pelompat ulung sehingga tak jarang jika ikan akan melompat keluar dan tentu saja mati jika tidak hidup dilingkungan hidupnya.

Sementara untuk suhu airnya, pastikan untuk memperhatikannya yakni sekitar 26C. Sedangkan untuk masalah dekorasi atau menciptakan lingkungan yang hampir mirip dengan habitat aslinya, siapkan batu-batuan atau kayu sebagai tempat persembunyiannya.

Ikan hias African Cichlids ini juga perlu dibuatkan tempat dimana memiliki dekorasi seperti tanam-tanaman. Disini, tanaman normalnya menjadi makanan, jadi agar tidak dimakan oleh ikan, pilihlah tanaman hias saja.

Sementara untuk perawatannya, gantilah airlah seminggu sekali paling tidak seperempatnya saja. Selain itu, bersihkan algae yang menempel agar aquarium tidak kotor dan menimbulkan bakteri yang membuat ikan mudah untuk mati.

Itulah cara untuk memeliharanya, mulai dari penyiapan aquarium serta cara perawatannya. Yang pasti, ini adalah cara yang lebih sederhana untuk membuat habitat ikan chichlids lebih jelas.

Jadi, mari ciptakan habitat seperti aslinya untuk membuat Ikan hias African Cichlids ini bisa hidup lebih sehat.

Demikian artikel cara memelihara Ikan Hias African Cichilds semoga bermanfaat dan berkah. jangan lupa baca pula artikel ikan hias lainnya Disini !!

Comments