iklan

Tips Merawat Ikan Arwana yang Baik Sesuai Kebutuhannya

Tips merawat ikan arwana yang baik selalu tentang menjaga keindahan dan kegagahan arwana kesayangan kita. Namun bagaimana pun juga, pemeliharaan ikan di akuarium selalu memudarkan nilai keindahan dan kesehatan ikan. Apa lagi yang sejenis arwana. Karena notabene, ikan akan selalu lebih sehat dan gagah jika hidup di perairan bebas sebagaimana habitatnya.



Namun jangan khawatir, karena selalu ada tips merawat ikan arwana yang baik bagi pecinta arwana yang memeliharanya di dalam akuarium di rumah. Beberapa tips yang bisa dilakukan di antaranya akan dikemukakan di bawah ini.

Tips Merawat Ikan Arwana yang Baik dengan Menjaga Kebersihan Aquarium
Tips Merawat Ikan Arwana yang Baik
Resiko memelihara arwana di dalam akuarium adalah dengan harus rajin-rajin mengganti airnya secara teratur. Kebersihan air dari sisa pangan dan kotoran ikan salah satu yang menentukan kesehatan dan kegagahan arwana yang kita pelihara. Adapun beberapa tips merawat ikan arwana yang baik lainnya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan ketepatan suhu air.
Arwana lazimnya hidup pada suhu 26 sampai 30 derajat celcius. Selain dari suhu air, tips merawat ikan arwana yang baik juga ditentukan oleh kelayakan luas akuarim untuk ikan. Pastikan panjang tangki akuarium minimal 1,2 kali lipat lebih panjang daripada panjang ikan. Hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat stress arwana kesayangan.
Tips merawat ikan arwana yang baik selanjutnya adalah tentang tutup tangki. Pastikan tutup tangki benar-benar sesuai karena sering kali terjadi arwana yang dipelihara berhasil meloncat melalui tutup tangki sehingga akhirnya keluar akuarium dan mati.

2. Perlunya aerotor.
Sebagaimana manusia yang memerlukan ventilasi udara, pemakaian aerotor juga merupakan salah satu tips merawat ikan arwana yang baik. Aerotor tidak banyak memakan tenaga listrik, namun manfaatnya lumayan besar untuk kesehatan si ikan sebagai fasilitas penghantar udara yang diperlukan ke dalam air atau sebaliknya.

3. Ornamen lainnya.
Jangan sepelekan masalah ornamen atau hiasan di dalam akuarium. Arwana adalah seekor ikan yang berasal dari wilayah yang kaya akan tanaman air, oleh karenanya menempatkan beberpa tanaman air seperti vallisnelia spiralis dan najas indika diperlukan sebagai tips merawat ikan arwana yang baik.

Tips Merawat Ikan Arwana yang Baik Melalui Pangan yang Dikonsumsinya

Sebagaimana binatang mamalia yang mengonsumsi dedaunan untuk sarana pangannya, jenis-jenis ikan pun memiliki spesialisasi pangan yang berbeda-beda. Makanan terbaik bagi arwana pada dasarnya adalah makanan hidup yang masih segar.

>> Baca Juga : Jenis Ikan Arwana Terpopuler

Tidak disarankan memberikan pelet bagi arwana karena hal ini akan membuatnya tidak terlalu berselera makan dan cenderung mengotori akuarium sehingga kesehatan ikan bisa jadi terganggu. Memberi makan arwana dengan jangkrik merupakan salah satu tips merawat ikan arwana yang baik.

Demikian tips merawat ikan arwana ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi ikan arwana kesayangan kita. Akhir kata, rajin-rajinlah merawat ikan arwana kesayangan kita untuk tetap hidup dan menjadi kebanggaan kita di rumah.

Baca Pula artikel ikan hias arwana lainnya berikut ini :
>>> Ikan Arwana, Jenis-jenis dan Kisaran Harga
>>> Budidaya Ikan Hias Arwana
>>> Tips Merawat Ikan Koi dengan Baik

Comments